Barn Shops

Tune up, Injection, Modification, Service, Accessories

Fashion Freeday

FREEDAY (TM) HANDMADE - GENTLEMEN - 100% INDONESIA

Array Racing

Aksesoris Online

Kenali Warna Kabel dan Fungsinya pada Motor Anda

Berawal dari keisengan, akhir-akhir saya lagi suka membuat sesuatu yang sudah ada di pasaran, seperti alarm, pemasangan lampu LED, klakson variasi dan lainnya. Bukannya tak mampu beli atau pasang di bengkel, ya mungkin karena ada sedikit penasaran dan ada banyak waktu luang makanya saya iseng mencoba-coba hal baru dalam diri saya. 

Tapi dikarenakan saya masih belum paham tentang warna-warna kabel dan fungsi-fungsi kabel tersebut, maka saya konsultasi ke master-master kelistrikan motor di daerah saya, dan saya mendapat pencerahan juga. Berawal dari iseng pasang alarm pada motor vixion saya, dan lampu LED. Saat selesai, saya sedikit pamer, hehehe. Dan iseng tanya, apakah motor type lain sama aja kabelnya ? Ternyata setiap produk berbeda-beda fungsinya. Contoh kecil, pada yamaha Vixion, kabel keluaran kontak adalah warna cokelat, ternyata motor lain belum tentu cokelat, 

Dari hal ini saya belajar warna-warna kabel dan fungsi masing-masing kabel. Nah, karena itu saya juga coba berbagi buat teman-teman, siapa tau bisa menguasai. Berikut warna-warna kabel pada motor.

Yamaha
  • Merah : Arus beban positif aki(+).
  • Hitam : massa untuk semua negatif.
  • Hijau : Arus penerangan lampu depan/lampu jarak dekat.
  • Kuning : Lampu jarak jauh.
  • Putih Merah : Arus pulser CDI.
  • Putih Hijau : (-) pulser CDI "alfa".
  • Hijau Hitam : Output menuju lampu rem.
  • Hitam Merah : Output Spull ke CDI  "alfa".
  • Orange : Input ke koil.
  • Coklat : Arus out put yang keluar dari positif aki menuju kontak dan keluar melalui kontak.
  • Hijau Tua : Reting/sein kanan.
  • Coklat Tua : Reting/sein kiri.
Honda
  • Merah : Terminal positif aki(+).
  • Hijau : Terminal Negatif aki(+).
  • Hitam : Arus Output yang keluar dari  positif aki (biasanya dari kunci kontak).
  • Biru : Lampu Jarak jauh.
  • Putih : Lampu Jarak Dekat .
  • Kuning : Arus beban ke saklar lampu/output dari regulator.
  • Merah Hitam : Arus spull CDI menuju CDI.
  • Abu abu : Arus keluar Flasher menuju saklar diholder kiri.
  • Hitam Putih : Kunci kontak.
  • Hitam Kuning : Arus yang masuk ke koil.
  • Biru Kuning : Arus pulser CDI menuju CDI.
  • Hijau Kuning : Output lampu rem menuju lampu rem.
  • Coklat : Lampu Kota.
  • Biru Laut : Sein/reting kanan .
  • Orange : Sein/reting kiri.
Suzuki
  • Hitam Putih : Masa berlaku untuk semua negatif
  • Putih Merah : Pengisian dari spull
  • Kuning : Lampu jarak jauh.
  • Putih : Lampu jarak dekat/input ke saklar lampu.
  • Biru laut : Output flasher ke saklar reting.
  • Hijau Tua : Arus masuk ke  Klakson .
  • Orange : Arus yang keluar dari kunci kontak/out put positif aki ke kontak.
  • Merah : Arus positif aki.
  • Abu abu : Out put lampu rem.
  • Hitam : Sein/reting kiri .
  • Hijau Muda :  Sein/reting kanan.

Kawasaki
  • Putih Merah : Arus positif aki.
  • Hitam Kuning : Massa berlaku untuk semua negatif.
  • Merah Hitam : Lampu jarak jauh.
  • Merah Kuning : Lampu jarak dekat.
  • Merah : Lampu belakang.
  • Coklat : Klakson.
  • Hijau : Sein/reting kiri.
  • Abu abu : Sein/reting kanan.
  • Biru Kuning : arus pulser (+).
Sekian dulu ya info dari Array member Vixus Depok, semoga saja info ini bermanfaat. Kalau ada yang berpengalaman dan salah info dari saya, tolong diinfokan, supaya tidak ada dusta diantara kita.

0 comments:

Post a Comment